E-CLINIC (ENGLISH FUN CLINIC) Hapus image Bahasa Inggris sulit


Kegiatan E-Clinic atau English Fun Clinic merupakan program studi Pendidikan Bahasa Inggris yang dibuat dengan konsep edukasi yang menyenangkan. Hal ini dilakukan untuk menghapus image pelajaran Bahasa Inggris yang kebanyakan dinilai oleh pelajar sebagai mata pelajaran yang sulit untuk dipelajari dan dipahami. Namun, pada kegiatan ini, masalah tersebut dapat dipecahkan dengan solusi yang sangat membangun pemahaman siswa.
Diantaranya adalah dengan simulasi percakapan transaksional dengan latar game, song dan coffe shop. Dalam acara tersebut, siswa dapat mencicipi hidangan yang bernuansa lokal sambil berlatih conversation untuk memesan makanan/minuman ataupun memberi komentar dalam bahasa inggris. Tak hanya itu, acara tersebut juga menyajikan informasi tentang pengembangan program yang ada di PBI, seperti penampilan edutainment dari English Study Club (ESA), Game, Song, Talkshow dan Focus Group Discussion yang melibatkan pengunjung sebagai peserta. Acara semakin meriah dengan 2 MC yang keren, yakni Sandy Manofa dan Nelly Nafrida yang membuat acara semakin meriah.
Acara ini dilaksanakan pada tiga hari berturut-turut pada hari Rabu-Jumat tanggal 22-24 April 2015 di Aula BAwah Masjid Darul Ilmi UMK dan dihadiri ratusan siswa yang berjumlah 450 peserta dari SMA/MA/SMK se-Kudus, Demak dan Jepara mulai pukul 10.00-15.00 WIB.
Tujuan dari acara ini adalah memberikan informasi kepada masyarakat khususnya pelajar agar mereka tertarik untuk dapat mendaftar sebagia calon mahasiswa di prodi PBI UMK  sehingga mereka dapat melanjutkan kuliah di program studi PBI UMK .
Melalui acara ini, berbagai siswa dari berbagai kalangan dapat berlatih bercakap-cakap menggunakan bahasa inggris dalam simulasi kegiatan transaksional  dalam kegiatan sehari-hari melalui game, song, group discussion dan casual conversation . Kegiatan ini dirancang dalam bentuk round table discussion dalam suasan informal dengan maksud agara tidak ada psychological gap (kesenjangan psikologis) diantara peserta dan agar mereka bisa mengekspresikan pendapat dalam bahasa inggris tanpa beban. Acara ini diharapkan dapat terus membangun kepercayaan (trust) dikalangan masyarakat bahwa PBI memiliki program yang variatif dan kualitas yang unggul untuk menunjang proses pembelajaran ditingkat perkuliahan dan upaya menjadikan UMK sebagai Center Excellent ,yakni pusat pengembangan keunggulan-keunggulan ilmiah, teknologi dan seni.
Acara yang diketuai oleh Mutohhar, S.Pd. M.Pd terbilang cukup sukses dengan jumlah 450 peserta sebagai calon mahasiswa. Hal ini juga terbukti dengan angket yng diisi oleh seluruh peserta, yang salah satu pendapatnya adalah “ this programm is really fun…., is amazing…, is so great… dan lain-lain. Itulah yang menjadi alasan bahwa acara ini harus selalu ditingkatkan kualitasnya bukan hanya sebagai promosi, tapi juga memberikan rasa percaya diri.

0 komentar:

Post a Comment