Kuliah Tamu “ Literate Teachers for 21st Century : Are your Literate Enough?” Siapakan Mahasiswa Melek Literasi

Ingatkah kita dengan penelitian Prrograme for International Student Assesment yang menyebutkan tentang tingkat literasi masyarakat Indonesia yang menempati urutan kedua terbawah dari 65 negara yang diteliti. Pada penelitian yang sama, PISA juga menempatkan posisi membaca siswa Indonesia diurutan ke 57 dari 65 negara. Hal ini sangat memprihatinkan karena menunjukkan bahwa tingkat literasi (menulis dan membaca) kita sangatlah rendah.
Menanggapi masalah diatas, maka Lembaga Penyedia Tenaga Kependidikan (LPTK) Program Studi Bahasa Inggris merasa perlu untuk menyiapkan calon guru bahasa inggris yang unggul dan tanggap terhadap perkembangan zaman. Sehingga mereka dapat melek huruf (literate) serta meningkatkan budaya baca tulis mereka, terlebih mereka akan hidup diera abad 21 yang memiliki tantangan lebih besar. Mereka akan mengajar murid dengan karakter yang berbeda dari generasi sebelumnya, karena telah mengalami berbagai perubahan zaman terutama dalam hal teknologi. Untuk itu, program PBI UMK mengadakan kuiah tamu yang mengangkat tema “ Literate Teachers for 21st Century : Are you literate enough?” untuk meningkatkan literasi mahasiswa.
Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kualitas akademik program akademik program studi pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muria Kudus dan meningkatkan budaya literasi di kalangan mahasiswa dan dosen Program studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP untuk pengembangan pendidikan di Indonesia serta menambah wawasan tentang strategi pendidikan bagi semua kalangan khususnya mahasiswa, calon guru dan dosen.
Acara yang diketuai loleh Nuraeningsih, S.Pd, M.Pd ini mengundang pembicara Prof. Didi Seherdi, dari  Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Dari awal acara hingga selesai, acara dapat berjalan lancar dengan sambutan yang hangat dari para peserta. Mereka berasal dari semua angkatan prodi PBI. Kursi yang tersedia penuh sesak yang menandakan antusiasme para mahasiswa dengan topic yang diangkat dalam kuliah umum ini. Tercatat ada 127 mahasiswa yang hadir dalam kegiatan ini serta 8 dosen yang juga ikut serta.

0 komentar:

Post a Comment